MANFAAT APEC BAGI INDONESIA?

Nusa Dua,Radio KABAR 4 - Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) memberi manfaat bagi negara ekonomi berkembang yang menjadi anggota kerja sama kawasan ini, termasuk Indonesia. Sejak dibentuk pada 1989, APEC meningkatkan ekspor Indonesia hampir 10 kali lipat dalam 22 tahun terakhir (1989-2011).

 

Total perdagangan Indonesia tahun 1989 ke seluruh anggota APEC adalah 29,9 miliar dolar AS atau sekitar 78 persen dari total ekspor Indonesia ke seluruh dunia.

Pada 2011, ekspor Indonesia ke seluruh anggota APEC adalah 289,3 miliar dolar AS atau 75 persen dari total ekspor Indonesia ke seluruh dunia.

Sementara nilai investasi dariAPEC ke Indonesia pada 2010 berjumlah 9,26 miliar dolar AS dan meningkat menjadi 10,7 miliar dolar AS pada 2011. Selain itu, pada 2011 separuh anggota APEC masuk daftar 20 investor terbesar Indonesia

Untuk manfaat kedepan,  Indonesia akan memperjuangkan 20 isu dalam pertemuan akhir para Pejabat Senior Kementerian (CSOM) forum KTT ke-21 APEC 2013.

"Ada 20 gagasan yang tengah diperjuangkan Indonesia pada CSOM ini, semua untuk memastikan perdagangan di kawasan Asia Pasifik dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, dan mendukung apa yang benar-benar dibutuhkan yaitu ekonomi yang berkembang dan perdagangan yang kompetitif," kata Ketua CSOM APEC Indonesia, Yuri O Thamrin, di Hotel Laguna, Nusa Dua Bali, Senin (30/9).

Isu-isu tersebut antara lain adalah mendukung sistem perdagangan multilateral dan memastikan tercapainya hasil konkrit pada pertemuan Menteri WTO di Bali Desember 2013 mendatang.
     

Selain itu, Indonesia mendorong peningkatan perdagangan jasa di kawasan Asia PAsifik, mendorong pembangunan konektivitas APEC yang mendukung konektivitas di ASEAN dan Indonesia.
    
"Misalnya untuk konektivitas kawasan, kami telah mengajukan rencana pembangunan dan investasi infrastruktur di kawasan Asia Pasifik yang akan mulai terlaksana 2014, ini sangat jelas manfaatnya untuk Indonesia mengingat infrastruktur fisik adalah kebutuhan utama rakyat Indonesia saat ini," katanya.

CSOM APEC, yang merupakan pertemuan terakhir pejabat tinggi APEC, diadakan dua hari 1-2 Oktober 2013. Sebelumnya, para pejabat tinggi APEC telah melakukan empat kali pertemuan sepanjang tahun 2013, dan akan memfinalisasi semua pembahasan pada CSOM dan melaporkan hasil-hasilnya pada pertemuan APEC Ministrial Meeting tanggal 4-5 Oktober 2013.  Semua hasil akhir akan diketok palu oleh Presiden Susilo Yudhoyono pada KTT APEC 7-8 Oktober 2013.(*/hermawan)