Jababeka Dukung Kampanye Nasional Cegah Stunting

Cikarang, Kabupaten Bekasi (855.news.com)--Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak usia bawah lima tahun akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupannya. Stunting menghambat perkembangan otak dan tumbuh kembang anak. Tinggi badan balita stunting lebih rendah daripada standar umurnya. Ketika beranjak dewasa anak stunting rentan terhadap penyakit, kurang berprestasi di sekolah, rentan mengalami kegemukan, dan ketika dewasa lebih mudah terkena berbagai penyakit tidak menular, seperti jantung dan diabetes.

Sejak Pemerintah resmi  memulai Kampanye Nasional Pencegahan Stunting pada bulan September lalu, maka dalam rangka mendukung  program pemerintah untuk menyiapkan SDM 2040 yang berkualitas Jababeka bersama tenant dan 1000 Hari Pertama mengadakan Kampanye Cegah Stunting yang dilaksanakan mulai 27 – 28 November 2018 bertempat di Green Market Kota Jababeka. Dexa Medica Group, PT Nippon Indosari Corpindo dan PT. Mane Indonesia turut mendukung kampanye tersebut.

Aris Dwi Cahyanto, Senior Manager PT Jababeka Infrastruktur, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jababeka turut mengkampanyekan pentingnya pencegahan stunting khususnya bagi masyarakat sekitar. Kegiatan ini bertujuan untuk menularkan edukasi stunting dan memotivasi ibu balita dalam meningkatkan status gizi balitanya sehingga tumbuh menjadi anak cerdas, sehat dan berkualitas.

Kegiatan ini diikuti oleh ±300 orang dari unsur kader posyandu, bidan desa, serta ibu & balita yang berasal dari 30 posyandu binaan Jababeka dan Tenant. Acara juga dibalut dengan keceriaan para balita yang mengikuti Lomba Merangkak, Lomba Balita Sehat, dan Lomba Baby Dance.

Jessica Arawinda dari 1000 Hari Pertama, memberikan pengenalan Stunting dengan metode Height Chart kepada para kader posyandu. “Melalui heigth chart yang didesain khusus, maka para ibu dapat memantau pertumbuhan tinggi badan anak dengan mudah untuk mengetahui standar normal tinggi badan anak sesuai umur”. Pada saat yang bersamaan, Jababeka membagikan 500 height chart yang akan diberikan kepada ibu hamil dan ibu yang memiliki anak dibawah umur 2 tahun melalui para kader posyandu. Sebelumnya para kader telah mendapat simulasi pemasangan height chart yang benar.

Acara ditutup dengan pemasangan height chart langsung ke beberapa rumah warga di area posyandu binaan Jababeka dan tenant.(*).